ANJUNGAN PENDAFTARAN MANDIRI (APM)

Solusi pendaftaran mandiri pasien BPJS di RSUD

APM RSUD

Tampilan mesin APM

Apa itu APM?

Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) adalah mesin layanan mandiri yang disediakan oleh RSUD untuk memudahkan pasien BPJS melakukan proses administrasi tanpa perlu antre di loket.

Melalui APM, pasien dapat:

  • Memasukkan kode booking dari aplikasi Mobile JKN.
  • Menginput data untuk membuat Surat Eligibilitas Peserta (SEP).
  • Mencetak SEP secara mandiri langsung dari mesin.

Alur Penggunaan APM untuk Pasien BPJS

Untuk dapat menggunakan APM, pasien harus memiliki jaminan BPJS Kesehatan. Berikut langkah-langkahnya:

Download dan instal aplikasi Mobile JKN di smartphone.
Login menggunakan NIK atau Nomor BPJS.
Pilih Nomor Rujukan, tentukan Tanggal Rencana Kunjungan dan Dokter, lalu klik Daftar Pelayanan.
Pilih menu Pendaftaran Pelayanan (Antrean).
Pilih Rujukan Tingkat Lanjut sesuai kebutuhan.
Setelah mendapatkan kode booking, masukkan kode tersebut di mesin APM di RSUD.
Input data yang diperlukan untuk membuat SEP, lalu cetak SEP secara mandiri di mesin APM.
Dengan adanya APM, proses pendaftaran pasien BPJS di RSUD menjadi lebih cepat, mudah, dan mandiri. Pasien tidak perlu antre lama di loket, cukup gunakan kode booking dari Mobile JKN untuk mencetak SEP secara langsung.